A. Cara membuka Microsoft Office Excel
Ada beberapa cara membuka Microsoft Excel 2007:
1.Melalui double klik shortcut Microsoft Excel di desktop.
2.Melalui menu Start
1.Melalui double klik shortcut Microsoft Excel di desktop.
2.Melalui menu Start
Cara 1, langkah langkahnya:1.Melalui double klik shortcut Microsoft Excel di desktop.
Jika ingin membuka Microsoft Excel dengan cara pertama, maka pada desktop harus sudah ada shortcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shortcut belum terpasang di desktop, shortcut dapat dimunculkan dengan langkah berikut:
Jika ingin membuka Microsoft Excel dengan cara pertama, maka pada desktop harus sudah ada shortcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shortcut belum terpasang di desktop, shortcut dapat dimunculkan dengan langkah berikut:
1. Klik kanan pada desktop.
2. kemudian klik Microsoft Excel worksheet.
3.Klik (2x) Microsoft Excel untuk membukanya.
2. kemudian klik Microsoft Excel worksheet.
3.Klik (2x) Microsoft Excel untuk membukanya.
Cara 2,langkah langkahnya:1.Klik menu Start,kemudian arahkan pada pilihan All Programs lalu Microsoft Office kemudian Microsoft Office Excel 2007
B.Cara menutup Microsoft Excel
Langkah langkahnya:
1.Klik ikon menu kontrol Microsoft Excel 2007
2.Pilih dan klik Close
Langkah langkahnya:
1.Klik ikon menu kontrol Microsoft Excel 2007
2.Pilih dan klik Close
Lembar kerja Microsoft Excel terdiri dari toolbar dan menu-menu yang memudahkan penggunanya dalam mengolah data. bagian-bagian dari lembar kerja Excel dapat dilihat pada gambar berikut :
D. Insert Sheet yaitu untuk menambah lembar atau halaman baru.
C. bagian bagian microsoft excel
Berikut ini daftar bagian-bagian Ms.Excel dan Fungsinya :- Title bar (judul file)
- Toolbar yaitu bagian yang berisikan tool(alat) untuk bekerja di Ms.Excel
- Menu bar adalah bagian yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool. Menu default pada Ms.Excel adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View
- Name Box (nama sel aktif) yaitu tempat untuk mengetahui sel yang sedang aktif. Contohnya seperti pada gambar di atas, nama sel yang aktif adalah sel A1 yang berarti sel berada pada kolom A baris 1
- Formula Bar yaitu bagian untuk menampilkan rumus yang digunakan
- Nama Baris terdiri dari susunan angka sebagai berikut :
- Ms.Excel 2013 : 1 - 1.048.576
- Ms.Excel 2010 : 1 - 1.048.576
- Ms.Excel 2007 : 1 - 1.048.576
- Ms.Excel 2003 : 1 - 65.536
- Nama Kolom terdiri dari susunan Huruf yaitu sebanyak :
- Ms.Excel 2013 : 16.384
- Ms.Excel 2013 : 16.384
- Ms.Excel 2010 : 1.048.576
- Ms.Excel 2007 : 16.384 Ms.
- Excel 2003 : 256
- Sheet Aktif yaitu untuk menunjukkan sheet yang sedang aktif. Kita juga dapat menambahkan sheet menggunakan tombol New Sheet(+) tepat disebelahnya
- Zoom untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja
- Scroll untuk menggulung layar secara vetikal dan horizontal
Untuk mengetahui jumlah baris pada Ms.Excel tekan tombol Ctrl + arah bawah
Untuk mengetahui jumlah kolom pada Ms.Excel tekan tombol Ctrl + arah kanan
D. Memasukkan Data ke Lembar Kerja
Berbagai jenis data dapat dimasukkan ke dalam lembar kerja seperti Huruf, angka, Rumus, tanggal, jam dan lain sebagainya. Untuk memasukkan data ke dalam suatu sel, dapat mengikuti langkah berikut ini :
1.Pilih atau klik sel tempat anda akan memasukkan data
2.Ketikkan data yang ingin dimasukkan
3.Tekan Enter atau tombol arah panah atau tombol PgUp dan PgDn
E. Memperbaiki Kesalahan Pengetikan
Bila ada kesalahan pengetikan data, anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah berikut ini :
1. Pilih sel yang datanya ingin diperbaiki, lalu tekan F2. Atau klik tombol kiri mouse 2 kali pada sel yang datanya ingin diperbaiki.
2. Selanjutnya perbaiki data yang salah tersebut dan tekan tombol Enter bila sudah selesai.
F. Menggunakan Rumus
Anda dapat memasukkan rumus yang berupa instruksi matematika ke dalam suatu sel pada lembar kerja. Operator hitung yang dapat digunakan diantaranya adalah + (penjumlahan), - (pengurangan), * (perkalian), dan ^ (perpangkatan).
G. Menghapus Data
Untuk menghapus data di suatu sel atau range tertentu, pindahkan sel ke, atau buatlah range tempat yang ingin dihapus, lalu tekan tombol Delete. Dan bila ingin menghapus format tampilan data/sel dapat dilakukan dengan memilih dan mengklik menu Edit, Clear, Formats.
H. Cara menyisipkan baris dan kolom
Insert
Yang pertama akan dibahas Insert yaitu digunakan untuk menyisipkan atau menambah data pada kolom atau baris yang sudah diinputkan. Insert terdiri dari beberpa tool diantaranya sebagai berikut :
A. Insert Cells yaitu digunakan untuk menambahkan satu cell saja/satu kotak saja.
![]() |
Insert Cells (prtsc Excel 2010) |
Sebagai contoh dibawah ini kita pilih shift cells right yaitu untuk menambahkan dan menggeser satu cell/kotak kekanan.
![]() |
Insert Cells (prtsc Excel 2010) |
Shift cells right : menambahkan Cells kekanan
Shift cells down : menambahkan Cells kebawah
Entire Row : menambah baris
Entire Column : menambah kolom
Shift cells down : menambahkan Cells kebawah
Entire Row : menambah baris
Entire Column : menambah kolom
B. Insert Sheet Rows yaitu Untuk Menyisipkan Baris
![]() |
Insert Sheet Rows (prtsc Excel 2010) |
Klik pada cell yang akan disisipkan row, kemudian klik pada menu Tab Home Cells >>> kemudian Klik Insert >>> Pilih Insert Sheet Rows.
C. Insert Sheet Columns yaitu untuk Menyisipkan Kolom
![]() |
Insert Sheet Columns (prtsc Excel 2010) |
Klik pada cell yang akan disisipkan column, kemudian klik pada menu Tab Home Cells >>> kemudian Klik Insert >>> Pilih Insert Sheet Columns.
D. Insert Sheet yaitu untuk menambah lembar atau halaman baru.
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar